Wednesday, January 7, 2015

KIAT MEMPERSIAPKAN DIRI KETIKA MENDAPATKAN PANGGILAN KERJA

Setelah mahasiswa lulus kuliah tentunya ingin sekali dapat langsung terjun ke dalam dunia pekerjaan, mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang dikuasai, mendapat gaji yang besar namun, pertanyaan nya adalah apakah kita sudah siap untuk menerima panggilan kerja setelah lulus nanti?


Pada penulisan kali ini penulis mencoba untuk berbagi tips untuk mempersiapakan diri ketika mendapatkan panggilan pekerjaan.
  1. Pernah ada yang bilang bahwa cara kita berpenampilan merupakan cerminan bagaimana kita memperlakukan diri sendiri, maksudnya adalah kita tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas tapi juga harus berpenampilan menarik di depan pemimpin perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja. Hal ini sangat sering dilupakan karena kebanyakan orang berpikir "saya memakai apa yang mau saya pakai bukan memakai apa yang ingin dilihat orang". Pandangan itu salah besar jika terus diterapkan sampai lulus kuliah nanti. Ini menjadi point penting tersendiri bagi penulis dalam berpakaian agar terbiasa memakai pakaian yang rapih dan sopan, apalagi tuntutan pekerjaan sebagai guru di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di daerah depok.
  2. Hal yang kedua diperhatikan ketika mendapatkan panggilan kerja adalah luasnya wawasan. Luasnya wawasan disini berarti, ketika seorang HRD mewawancarai kita, maka dilihat seberapa luas wawasan dan ilmu pengetahuan kita. Jika seorang HRD menganggap kita memiliki wawasan dan ilmu yang banyak maka dengan senang hati perusahaan akan menerima anda.
  3. Kejujuran juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat mendapat panggilan pekerjaan, karena dengan kejujuran dapat dilihat seberapa besar niat kita untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Dan lagi tidak ada satupun perusaahaan di dunia ini yang ingin mempunyai pegawai yang tidak jujur.
  4. Mengasah kemampuan kita juga harus diperhatikan, karena jika kita tidak mempunyai kemampuan sama sekali maka perusahaan tersebut akan menolak untuk mempekerjakan kita. Kita akan dianggap tidak kompeten dan tidak memenuhi visi misi dari perusahaan tersebut.
  5. Dan yang terakhir yang menurut penulis paling penting adalah kemampuan bicara kita atau sering disebut dengan public speaking. Maksudnya adalah kita harus mempunyai kemampuan bicara yang baik ketika diajak bicara oleh lawan bicara kita, tidak hanya itu kita juga harus mampu menguasai keadaan dalam kondisi apapun, Hal ini yang menurut penulis tidak didapatkan dalam materi perkuliahan, karena hal ini bisa di dapat jika kita terjun langsung ke masyarakat luas. Maka dari itu selain kuliah, penulis mencoba untuk menjadi seorang guru agar penulis mendapatkan pengalaman dan juga hal-hal yang tidak penulis dapat saat kuliah seperti bagaimana presentasi di depan murid terlihat menarik dan tidak membosankan, bagaimana penulis menjalin hubungan dengan sesama guru, dan bagaimana penulis mengemas materi agar mudah diphami serta hal-hal lain yang tidak di dapat saat kuliah.
Itulah beberapa tips yang dapat penulis sampaikan pada tulisan kali ini, semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan semoga dapat membantu para pembaca yang ingin melamar kerja ataupun yang sedang mendapatkan panggilan pekerjaan.

No comments:

Post a Comment